FSSC 22000

FSSC 22000

FSSC 22000 adalah sistem sertifikasi keamanan pangan untuk produsen makanan yang membantu mengidentifikasi dan mengendalikan risiko keamanan pangan. Standar ini menyetujui sistem keamanan pangan, yang menunjukkan bahwa perusahaan memiliki proses keamanan pangan yang ketat dan bahwa komitmen terhadap kebersihan dan kesehatan manusia terpenuhi.

FSSC 22000 disetujui oleh Global Food Safety Initiative (GFSI) sebagai standar dan diterima oleh pengecer makanan utama di Eropa. Ini mengidentifikasi apa yang perlu dilakukan sebagai produsen makanan untuk menunjukkan bahwa perusahaan mengendalikan bahaya keamanan pangan standar dan bahwa keamanan pangan terjamin pasti.

FSSC 22000 adalah standar yang diterima secara global yang mencakup persyaratan untuk inspeksi, pengawasan, dan sertifikasi untuk memastikan keamanan pangan perusahaan di semua tahapan makanan. Kombinasi standar ISO 22000 dan PAS 220, standar FSSC 22000, didasarkan pada ISO 22000: standar 2005 dan standar PAS 220: 2008.

Tujuan sertifikasi ini adalah untuk menyelaraskan persyaratan dan metode sertifikasi untuk sistem keamanan pangan dalam rantai makanan dan untuk memberikan sertifikat keamanan pangan yang dapat diandalkan yang sebanding dalam hal konten dan ruang lingkup yang relevan. FSSC 22000 adalah standar yang diterbitkan untuk organisasi produksi makanan, yang terdiri dari kombinasi standar ISO 22000 dan spesifikasi PAS 220.

Standar ini memungkinkan produsen makanan untuk mengidentifikasi potensi bahaya yang dapat membahayakan keamanan pangan, mengidentifikasi titik-titik kontrol kritis, dan dengan demikian menghilangkan atau setidaknya mengurangi risiko.

Standar FSSC 22000 memungkinkan kontrol terpisah dari berbagai tahapan produksi, seperti persiapan, produksi, pengemasan, dan distribusi bahan makanan. Sistem FSSC 22000 telah menjadi sistem manajemen baru yang mencakup kesenjangan sistem ini karena Sistem Manajemen Keamanan Pangan ISO 22000 yang diterapkan sebelumnya tidak memenuhi program prasyarat dalam keamanan pangan.

Sementara itu, standar FSSC 22000 (Sertifikasi Sistem Keamanan Pangan) telah menjadi salah satu dari sedikit standar yang diakui oleh GFIS (Global Food Safety Initiative).

×

Halo, apa yang dapat Tammi bantu?

×